SAMPINGAN, Aplikasi untuk mendapat Penghasilan Tambahan: Benefit men-Daftar dan Cara Withdraw Saldo Sampingan

Sampingan, aplikasi untuk menambah penghasilan. Berikut jenis pekerjaan, benefit menjadi mitra Sampingan, dan cara withdraw saldo.

Sekilas tentang Sampingan

Sampingan merupakan perusahaan startup berbasis di Indonesia yang berfokus untuk membantu perusahaan berkembang dengan menghubungkan mereka ke jaringan agen freelance terpilih dan terlatih yang akan menyelesaikan tugas melalui sistem bayar-per-kinerja. Sampingan telah bermitra dengan lebih dari 850.000+ agen (dengan lebih dari 1 juta unduhan aplikasi) di 80 kota di Indonesia dan berkembang pesat setiap hari. (Sumber: Techinasia - 20/01/2021)

Manfaat menjadi Agen Freelance di Sampingan

Seperti tulisan di atas, Sampingan membayar agennya setelah pekerjaan yang diberikan selesai. Namun jangan harap bayaran yang akan kamu terima sebagai agen freelance besar, karena tujuan Sampingan dari awal adalah membantu perusahaan berkembang, dan bukan agennya.

Harap berhati-hati juga dengan pekerjaan yang meminta data diri yang sensitif, karena bisa berakibat fatal bagi kamu untuk kedepannya. Selama menggunakan Sampingan, tidak jarang saya menemukan pekerjaan yang meminta data sensitif seperti ini. Oleh karena itu, perhatikan syarat-syarat pekerjaan sebelum kamu meulainya.

Tempat tinggal menjadi faktor banyak-sedikitnya pekerjaan yang tersedia. Apabila kamu tinggal di kota-kota besar, maka pekerjaan yang ada juga lebih banyak. Saat ini, terdapat tiga tipe pekerjaan yang disediakan Sampingan, yaitu:

❯ Ngumpulin data

Cari penghasilan ekstra di waktu luang ikutan proyek ngumpulin data.

❯ Kerja harian

Dapatkan penghasilan dengan kerja harian atau bulanan.

❯ Jadi reseller

Beli produk langsung dari supplier buat dijual lagi biar untung.

Tambahan:

❯ Bursa Kerja

Telusuri beragam lowongan kerja dan langsung lamar dengan mudah.

Tipe kerja ngumpulin data dan jadi reseller membutuhkan internet karena pekerjaannya biasanya berbasis online. Selain itu, tipe pekerjaan jadi reseller juga mengharuskan kamu untuk menjual produk-produk sesuai passion kamu. Jadi kamu dapat memilih apa yang ingin kamu jual.

Saya sendiri kebanyakan melakukan pekerjaan bertipe ngumpulin data, karena saya kurang baik dalam berjualan dan kerja harian tidak selalu ada setiap harinya di kota saya tinggal. Uang yang didapat memang tidak besar, namun dapat menutupi pengeluaran biaya untuk membeli paket internet bulanan saya (heheh).

Satu lagi, Sampingan juga menyediakan menu Bursa Kerja yang mana menyediakan beragam lowongan dari berbagai perusahaan yang dapat kamu lamar. Sampingan hanya bertugas mengirim lamaran pekerjaan kamu ke perusahaan, jadi proses selebihnya dan hal-hal lain yang dapat terjadi diluar tanggung-jawab Sampingan.

Cara Daftar menjadi Mitra Sampingan

Untuk menjadi mitra sampingan, atau agen freelancer, kamu cukup mengunduh aplikasi Sampingan lewat Playstore atau Appstore. Setelah itu kamu akan masuk sebagai guest account. Saat menjadi guest account, kamu dapat melihat kota-kota mana yang didukung Sampingan dengan jumlah pekerjaannya yang ada. Tapi ingat, ujungnya kamu harus tetap memilih kota tempat kamu tinggal meski pekerjaan yang tersedia sedikit, karena Sampingan akan memverifikasi tempat kamu berada melalui aplikasinya. Jikalau kamu terbukti memalsukan identitas, maka bukanlah tidak mungkin Sampingan mem-banned akun dan nomor kamu!

Cara membuat akun Sampingan

1. Unduh aplikasi Sampingan di Playstore atau Appstore.

2. Klik Masuk lalu Registrasi untuk membuat akun.

Kamu juga bisa memilih untuk masuk memakai Guest Account lebih dulu dengan cara sentuh Mulai Jelajahi Sampingan. Nantinya kamu bisa mendaftar melalui tab Akun lalu klik Masuk.

3. Untuk mendaftar, kamu harus mengisi identitas yang ditanyakan pada kolom yang tersedia lalu pilih Lanjutkan.

Adapun identitas yang diperlukan yaitu:

  • Nama (sesuai KTP)
  • Jenis kelamin
  • Tanggal lahir
  • Email
  • Tempat tinggal saat ini
  • Nomor telepon/ hp

4. Masukkan One Time Password (OTP) yang telah dikirimkan ke nomor telepon/ hp kamu.

Pendaftaran berhasil dilakukan!

Silahkan konfirmasi alamat email dengan cara klik link yang ada pada email verifikasi yang kamu terima dari Sampingan. Untuk login kedepannya selalu menggunakan OTP yang bisa dikirim melalui Whatsapp atau SMS.

Cara Withdraw Saldo Sampingan

Setelah melakukan beberapa pekerjaan dan sudah diverifikasi oleh Sampingan, maka bayarannya akan masuk ke Dompet dan menjadi saldo yang dapat ditarik/ dicairkan kapanpun.

Agar saldo bisa dicairkan, kamu harus memverifikasi lagi data diri kamu dengan mengisi lebih banyak data diri yang diminta Sampingan. Sampingan sendiri menjelaskan bahwa mereka menjamin keamanan dan privasi dari data yang kamu masukan, jadi tidak perlu khawatir akan penyalahgunaan data.

Tim Sampingan menjamin keamanan dan privasi dari data yang kamu masukan, jadi gak perlu khawatir data kamu akan disalahgunakan. - Sampingan

Adapun data-data yang diminta yaitu:

  • Nomor KTP
  • Nomor NPWP
  • Nomor Whatsapp
  • Kota tempat tinggal saat ini
  • Pendidikan terakhir
  • Jurusan/ Bidang pendidikan
  • Upload foto KTP
  • Upload swafoto/ foto selfie
  • Upload swafoto dengan KTP

Selanjutnya Kirim Data dan tunggu notifikasi bahwa akun kamu sudah terverifikasi oleh Sampingan. Namun meski status akunmu sudah terverifikasi, kamu belum dapat melakukan pencairan saldo apabila belum menghubungkan akun dengan akun Bank/ E-money. Bank yang didukung cukup lengkap, sedangkan pencairan melalui E-money hanya didukung oleh LinkAja saja. Semoga kedepannya lebih banyak akun E-money yang didukung Sampingan, ya!

Cara Withdraw Saldo via LinkAja

Ada perbedaan antara pencairan saldo lewat akun Bank dan lewat akun E-money, yaitu biaya penarikannya. Penarikan melalui Bank dikenai biaya sebesar Rp. 5.500 setiap transaksinya, sedangkan penarikan melalui E-money tidak dikenai biaya sama sekali. Jadi, tentu saja penarikan via E-money lebih direkomendasikan, karena saldo LinkAja kan juga bisa ditarik via ATM (tanpa biaya juga wkwk).

Nah, untuk pencairan saldo via LinkAja, kamu cukup menghubungkan akun Sampingan dengan akun LinkAja yang sudah kamu miliki. Lebih lengkapnya yaitu:

Buka aplikasi Sampingan > Buka Dompet (Tarik dana) > Hubungkan akun (sentuh pada gambar kartu di pojok kanan atas) > Bank/ E-Money (pilih LinkAja) > Nomor telepon (yang terhubung dengan akun LinkAja) > Kirimkan (ya, ubah informasi) > Selesai, kamu bisa withdraw saldo yang ada di dompet akunmu!

Nah, pastikan juga akun LinkAja kamu sudah terverifikasi ya, jadi kamu bisa mencairkan saldo LinkAja di ATM yang didukung seperti ATM Bersama.

Gimana? Tertarik untuk menjadi pekerja di Sampingan? Coba ceritakan pengalamanmu di komentar!

Tags: sampingan, cara mendapat uang tambahan dari sampingan, cara mencairkan saldo sampingan, cara melakukan penarikan saldo sampingan, cara mendaftar akun sampingan, cara verifikasi akun smapingan 2021/2022.


Orang susah!

3 komentar

  1. Informasi yang sangat bermanfaat terimakasih
    1. Sama-sama gan, trims sudah berkunjung🙏
  2. Informasi yang luar biasa
© EZ Learning. All rights reserved. Developed by Jago Desain