Mudah, Inilah Trik Jitu Memenangkan Pertempuran di Art Of War 3 : Global Conflict


Yo yo, wellcome Sobat Kazers!

Pada kesempatan ini, saya bakal share mengenai salah satu game populer android bernama Art Of War III : Global Conflict, atau lebih dikenal dengan AOW.

Sebelumnya saya pernah mereviewnya, jadi bagi kamu yang baru mengenal game yang satu ini, bisa membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Art Of War III - Global Conflict, Game RTS Terbaik Android

Tips yang akan saya berikan ini merupakan hasil dari pengalaman bermain saya sendiri, dibumbui beberapa saran yang diberikan suhu-suhu AOW itu sendiri. Berikut penjelasannya!

Cara Mudah Memenangkan Pertempuran di AOWIII : GC


Faktor Internal (In-Game)


1.Buat Bangunan Penting Terlebih Dahulu

Sesaat permainan dimulai, kamu akan memasuki waktu Deployment Time Mode atau Mode Pembangunan. Kamu harus berpikir untuk kedepannya, jangan membuat bangunan yang dirasa tidak diperlukan di awal-awal permainan (Early Game).

Sebagai referensi, kamu bisa membangun bangunan berikut (ConfedxResist)  secara berurutan dari awal game dimulai.

  1. Construction Yard 1x
  2. Barracks 2x (Untuk Mapping)
  3. Power Plant 1x
  4. Supply Center 1x

Untuk selanjutnya, sesuaikan dengan strategi yang kamu jalankan.

2. Mapping

Ini merupakan hal paling penting dilakukan di Early Game. Segera setelah kamu membangun Barracks, train unit pertama (Rifleman & Assault) dan tugaskan mereka berkeliling peta untuk membuka area gelap dan mencari Resource Container (RC).

Ketahuilah, musuhmu juga pasti melakukan hal yang sama. Jadi, disaat unit mereka mapping, datangi juga base mereka untuk setidaknya melihat lokasi-lokasi bangunan mereka.

Dalam Mapping ini, Fraksi Resist unggul karena rifleman lebih cepat di-train daripada Assault Confederation. Satu hal yang perlu diperhatikan, tugaskan unitmu untuk fokus mapping. Meski mereka bertemu musuh, jangan biarkan mereka berhenti dan menyerangnya.

Hal ini juga berlaku untuk peta yang ada wilayah airnya. Jangan tergesa-gesa membuat shipyard untuk mapping area berair, karena musuhmu bisa saja merencanakan Fast Attack (FA). Perhatikan gerakan musuh, dan segera bangun shipyard bila ada kesempatan.

Confederation Fast Attack


3. Paham Kondisi Pertempuran


Setelah kedua hal di atas terpenuhi, kini kamu tinggal fokus melaksanakan misi. Kamu harus tahu kondisi kamu dan musuhmu saat bertempur.

Menyerang/Bertahan?




Untuk menyerang, persiapan kamu harus benar-benar matang. Karena, satu kesalahan fatal bisa menyebabkan kekalahan. Amati gerakan musuh dan serang mereka bila memungkinkan.

Ketika musuh menyerang, pastikan kamu bertahan dengan baik. Segera train unit dan buat bangunan pertahanan untuk melindungi bangunan-bangunan pentingmu. Menang/kalah bisa ditentukan disini. Apabila kamu benar-benar berhasil bertahan (Hanya sedikit bangunan yang hancur/tidak sama sekali), segera siapkan serangan balasan bila memungkinkan.


Ketahuilah, bila di Early Game musuh terus-menerus menyerang, maka kamu hanya harus bisa bertahan dan terus mengembangkan basemu. Karena mereka menyerang, maka bisa dipastikan kalau pertahanan base mereka kecil. Lakukan serangan balasan segera setelah musuh kehabisan unit. Jadi, untuk Early Game, saya sarankan kamu untuk bisa bertahan dan fokus mengembangkan base, tanpa lupa memperhatikan gerak-gerik musuh.


Untuk Late Game, apabila musuh mempunyai unit dan pertahanan yang seimbang, kamu harus pintar-pintar mencuri kesempatan. Pastikan waktu yang tepat untuk menyerang maupun bertahan, agar kemenangan bisa kau raih!


Adapun bila pertempuran tersebut perebutan bendera, jangan lupakan untuk mengambil alih wilayah bendera atau sekedar mepertahankannya untuk fokus pada serangan ke base musuh.

Setelah kamu mencoba menyerang namun pertahanan musuh tetap tak bisa ditembus, atau tetap bertahan namun serangan musuh terus-terusan memaksa, kamu bisa mencoba untuk menyerang sambil bertahan, atau bertahan sambil menyerang. Hal ini sering disebut Memajukan Base. Caranya, bangun Construction Yard mendekati wilayah musuh, sehingga kamu bisa dengan leluasa menyerang dan bertahan. Namun, tetap lihat kondisi. Jangan sampai kamu fokus memajukan base namun musuh berencana hal lain, sehingga kekalahan yang kamu raih. Tetap Fokus!

4. Bijak Dalam Menggunakan Boost

Seperti tips In-Game yang muncul pada saat Loading Screen, Use Boost Wisely. Boost tidak mengubah apakah kau akan menang atau kalah. Namun Boost akan sangat membantu bila kau benar dalam menggunakannya. Jadi, jangan berpikir dengan menggunakan banyak boost kamu bisa menang, aturlah strategi jitu yang tidak bisa diterka musuh sehingga kemenangan bisa kamu raih!

Faktor Eksternal (Player Specification)


1. Hanya Upgrade Bangunan Penting serta Unit Sering Dipakai

Saat bermain, pasti kamu pernah bertemu lawan yang terus-terusan menyerang menggunakan unit yang sama, dan membuat kamu kewalahan.


Itulah salah satu cara jitu memenangkan pertempuran. Yaitu dengan mengupgrade unit itu-itu saja sampai max, lalu berpindah ke unit lain. Sebagai contoh, cobalah upgrade tank Zeus atau Jaguar mu sampai MAX, dan rasakan sensasinya! (😄)



2. Melihat Pro Player Bermain

Selain bermain, cobalah untuk mempelajari cara bermain seorang Pro. Mereka biasa mengupload gameplay mereka di Youtube. Tonton, pelajari, dan kembangkan!

3. Latihan bersama Pro Player

Tahukah kamu, bahwa banyak Orang Indonesia yang bermain game AOW3 ini. Buktinya, National Chat Indonesia tidak pernah sepi. Selain itu, kebanyakan dari mereka adalah Pro Player (WOW!). Jujur saja, saya sangat merasa kesal apabila bertemu dengan Player Indonesia. Kenapa? Karena melawan mereka harus full strategi, ngotak sampe pala pusing (😂)


Cobalah untuk ikut berbicara di National Chat, untuk sekedar mengakrabkan diri, bertanya tips, minta latihan bareng, dsb. Karena mereka orang-orang baik, kok. Kalau mereka punya waktu, tantangan kamu pasti akan dikabulkan (🤣).


Itu saja beberapa saran untuk meraih kemenangan. Kritik dan Saran bisa disampaikan di kolom komentar. Happy Gaming!

Mau train bareng saya? Boleh, kok. Chat aja ya!


Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

1 komentar

  1. Bro kamu dari clan mana?
© EZ Learning. All rights reserved. Developed by Jago Desain