Softsub dan Hardsub - Apa Perbedaannya?


Ketika menonton sebuah video yang tidak kamu mengerti bahasanya, kamu pasti bingung. Oleh karena itu, subtitle diciptakan. Subtitle sendiri berfungsi sebagai terjemahan dalam bentuk teks di video, dan perlu kamu ketahui, bahwa membuat subtitle itu tidak semudah yang dibayangkan.

Bayangkan saja, kalau tidak ada subtitle, maka dunia ini akan damai. Tanpa adanya para K-Popers yang neriakin idolanya, dan juga para Weaboo yang memanfaatkan animasi sebagai pelarian dari kehidupan nyata (Ups! Hanya bercanda xD)
*Perkataan di atas hanyalah bualan dari seorang yang membohongi dirinya sendiri. Tolong di abaikan saja.

Dilansir dari beberapa sumber, subtitle sendiri ada 2, yaitu Open Subtitle dan Close Subtitle. Layaknya Sistem Operasi, Open Subtitle bisa dinikmati untuk publik. Dan sebaliknya, Close Subtitle hanya bisa dinikmati orang-orang tertentu/berbayar.

Sedangkan Softsub dan Hardsub itu apa min? Berikut penjelasannya!
  • Hardsub, ialah subtitle yang tertempel pada videonya. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari file subtitle diluar video. Atau bisa dibilang setelah kamu mendownload video tersebut, kamu bisa langsung menikmatinya tanpa khawatir merasa kebingungan. Oleh karena langsung tertempel pada video, hardsub ini tidak bisa diubah atau dihilangkan. Namun, katanya ada sebuah software yang bisa menghilangkannya. Software itu bernama Avidemux (PC)
  • Softsub, ialah subtitle yang berbentuk dokumen yang kebanyakan mempunyai format .ass, .srt. Softsub sendiri ada 2 jenis, yaitu Internal dan Eksternal. Perbedaannya, untuk Softsub Internal, kamu tidak perlu repot-repot mencari karena subtitle bisa langsung ditempel pada pemutar video yang digunakan (Subtitle satu paket dengan video). Sedangkan Softsub Eksternal, biasanya kamu harus mencari/browse file subtitle nya terlebih dahulu. Intinya, Softsub merupakan subtitle terpisah dengan videonya.
Sekian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat!
Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

© EZ Learning. All rights reserved. Developed by Jago Desain